Minggu, 07 Februari 2010

Riau Siap Jadi tuan Rumah PON XVIII

Provinsi Riau siap menjadi tuan rumah penyelenggara Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII tahun 2012, karena fasilitas yang dibutuhkan hampir semuanya tersedia dan sebagian sudah selesai dibangun. Gubernur Riau Rusli Zainal pada acara seminar olahraga di Palembang, Jumat (5/2/10) mengatakan, kesiapan itu karena Provinsi Riau telah ditunjuk menjadi tuan rumah pesta olahraga empat tahunan mendatang.

Dipercayanya Riau menjadi tuan rumah PON berdasarkan hasil Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) KONI, pada 12 Agustus 2006 yang diperkuat dengan keputusan ketua umum induk organisasi olahraga tersebut, kata dia pula. Ia mengatakan, Provinsi Riau telah mempersiapkan pembangunan berbagai tempat pertandingan seperti atletik, anggar, ski air, squash, sepatu roda dan menembak.

Menurut dia, pembangunan prasarana olahraga tersebut tidak berada di satu lokasi, melainkan terpencar di beberapa tempat dalam wilayah provinsi "Lancang Kuning" itu.

"Sekarang ini pembangunan sejumlah tempat pertandingan PON itu hampir rampung dan diharapkan awal tahun 2012 sudah bisa digunakan," ujarnya.

Lebih lanjut Rusli mengatakan, selain tempat pertandingan Pemerintah Provinsi Riau juga menyiapkan akses jalan, listrik, air bersih di lokasi pertandingan serta membangun rumah sakit dan restoran untuk keperluan peserta PON. Ia mengatakan, PON di Riau nanti akan mengambil tema, "Sukses Penyelenggaraan, Sukses Prestasi, Sukses Pemberdayaan Ekonomi Rakyat dan Sukses Promosi".

Namun, yang lebih penting lagi terselenggaranya PON XVIII nanti diharapkan dapat mempererat persaudaraan dan mengukir prestasi nasional, tambah dia.


Sumber :
http://olahraga.kompas.com/read/2010/02/05/23252055/Riau.Siap.Jadi.tuan.Rumah.PON.XVIII
5 Februari 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar