Minggu, 07 Februari 2010

IPB Bantu Kabupaten Rokan Hulu Revitalisasi Pertanian


Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau, menjalin kerja sama untuk merevitalisasi sektor pertanian dan mempercepat pembangunan di kabupaten tersebut.

"Melalui kerja sama ini IPB dapat membantu Kabupaten Rokan Hulu untuk merevitalisasi pertanian," kata Rektor IPB Prof Dr Ir Herry Suhardiyanto di Bogor, Minggu.

Ia menjelaskan, perjanjian kerja sama tersebut ditandangani pada akhir Januari 2010 antara pihaknya dengan Bupati Rokan Hulu Drs H Ahmad, MSi,

Menanggapi kerja sama itu, Bupati Ahmad menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu berharap IPB dapat membantu daerah itu mengingat banyak tanaman buah di Kabupaten Rokan Hulu yang kini mulai langka.

Ia mengatakna, pihaknya ingin memunculkan kembali potensi buah tersebut.

Pemkab Rokan Hulu juga mengharapkan kerja sama ini dapat dilaksanakan dengan langkah konkret, efisien dan efektif.

Pemkab juga telah menganggarkan lebih kurang 25 persen hingga 27 persen APBD untuk memajukan pendidikan, sebagai upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di kabupaten tersebut.

Untuk itu, Bupati juga ingin meningkatkan SDM aparatur dan tenaga pendidik di wilayahnya melalui kerja sama pendidikan dengan program pascasarjana IPB.

Rektor IPB menambahkan, penandatanganan kerja sama itu dipandang sebagai kegiatan lanjutan yang selama ini telah dikembangkan oleh IPB untuk melakukan revitalisasi pertanian dan percepatan pembangunan pedesaan dan daerah, yang bertujuan membantu menanggulangi masalah pembangunan di daerah, dan mengambangkan teknologi yang dapat menghasilkan produk berkualitas tinggi.

Ia mengatakanm, IPB mengembangkan berbagai penelitian terkait dengan peningkatan produksi pangan dan energi alternatif.

Menurut dia, Pusat Studi Pembangunan Pertanian dan Pedesaan (PSP3) telah bekerja sama dengan Ditjen Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kementerian Dalam Negeri di bidang pembangunan kawasan pedesaan berbasis masyarakat di Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau. (ant)


Catatan:

Komoditi Kabupaten Rokan Hulu datang dari sektor pertanian, perikanan, perkebunan, dan industri. Di sektor pertanian, sapi merupakan komoditi unggulan. Di sektor perikanan, perikanan tangkap dan perikanan budidaya merupakan unggulan di Rokan Hulu. Di sektor perkebunan kelapa sawit, karet, kopi, dan kakao menjadi komoditi unggulan. Perkebunan kelapa sawit menggunakan lahan seluas 97.235 ha. Di sektor industri, industri minyak goreng merupakan komoditi unggulan di Rokan Hulu.
Ada sekitar 2 perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan yaitu PT. Eluan Mahkota dan PT. Budhi Data.


Sumber Data:
Riau Dalam Angka 2007
(01-10-2007)
BPS Provinsi Riau
Jl. Pattimura No. 12, Pekanbaru 28131
Telp (0761) 23042
Fax (0761) 21336

Sumber :
http://www.sinarharapan.co.id/berita/read/ipb-bantu-kabupaten-rokan-hulu-revitalisasi-pertanian/
7 Februari 2010

http://regionalinvestment.com/sipid/id/displayprofil.php?ia=1407

Tidak ada komentar:

Posting Komentar